Si Bang Cameh!

Dulu, di jaman gw masih polos-polosnya dan rajin nonton Ksatria Baja Hitam, gw pingin banget punya abang.
Sampe gw mimpi Kotaro Minami tiba-tiba naik angkot yang sama dengan gw dan duduk mangku gw karena angkotnya penuh. Dan setelah itu selama sebulan gw selalu ngayal andaikan aja tiba-tiba gw punya abang yang belah tengah, ganteng, dan bisa berubah jadi mas-mas yang jago berantem pake baju ketat.

Dan pas ulang tahun, Mama nanya, “Nyanya nanti mau kado apa?” “Mau abang, Ma.” “Ha??” “Nyanya, mau abang, pokoknya Nyanya mau punya abang!” “Gimana cara Mama buatnya?? Klo pingin ade lagi sih bisa diusahain, kalo abang?”

Ternyata sekarang gw punya Abang.

Kalau kata orang-orang bijak, ‘yakinlah sama mimpimu, niscaya akan terkabul.”

Gw punya Abang, dan dia emang rada mirip Kotaro Minami poninya kalo lagi cupu-cupunya. Tapi dia ga memerangi kejahatan dan (alhamdulillah) ga suka pake baju ngetat.
Gw ketemu si Abang ini ga kayak cerita sinetron yang tiba-tiba ada abang-abang nyamperin gw dan ngomong sambil terisak, “aku Abangmu, Nyanya. Abangmu yang tertukar..” Lalu kita berpelukan unyu.

Jadi Abang gw ini adalah sahabat gw, sahabat yang ga sengaja gw temuin di kantor yang ga sengaja juga ternyata rumah kita searah jadinya dia nawarin gw untuk pulang pergi bareng (bukan gw dong pastinya yang minta nebeng), dan ga sengaja juga ternyata kita ‘nyambung’. Jadilah selama nyaris 1,8 tahun di kantor biskuit kemarin ngebuat kita akrab. Dan setelah kita berdua diterima di universitas yang sama di Italy, kita semakin akrab dan bahkan katanya makin mirip (ah tidaaaaak!).

Pas di bandara Soekarno Hatta 11 bulan yang lalu, gw udah siap-siap untuk nangis tersedu-sedu karena perpisahan di bandara kan selalu tampak sedih dan syahdu, apalagi keluarga dan sahabat-sahabat gw ada disana. Tapi kesyahduan itu gagal karena si Abang yang ternyata bernama Rifky ini sibuk ngurusin kopernya yang kelebihan 23 kg. Coba yaaaa, kalo kelebihan 5 kg masih bisa di nego, ini 23 kg, dan dia sibuk nyalahin gw, “lo gimana sih Nya, kan tadi gw nanya, bisa ga 2 koper???” “Kan gw bilang bisa Ki, 2 koper tapi totalnya 23 kg.” Dia kira bisa 2 koper yang masing-masih beratnya 23 kg. Heya.
Akhirnya sahabat-sahabat kantor kita berdua cuman bisa ngeliatin Rifky yang heboh ngeluarin kering tempe, saos sambel, dan makanan lainnya dari kopernya.

Ketika akhirnya kita harus mulai ngantri di imigrasi, Ayah manggil Rifky. Dan sambil menepuk-nepuk bahunya, Ayah bertitah, “Rifky, Om minta tolooong banget untuk dijaga ya Nyanya. Tolong nanti pas dia balik ke Indonesia, dia masih baik-baik aja..”

Dan ternyata Rifky sangat mematuhi titah Ayah walaupun awalnya sempet ngomel-ngomel, “pacar bukan, istri bukan, disuruh ngejagain..” Tapi toh ternyata dia sangat menjaga gw..

Ketika di bandara Fiumiciono Rome bareng anak-anak Unical dari Indonesia lainnya (sekitar ber-12), kita bingung bagaimana cara sampai ke KBRI karena kita harus mendaftarkan diri dulu disana sekalian kenalan dengan pihak Indonesia di Italy. Temen gw, Eunik, nyaranin buat nyari taksi atau kendaraan besar yang bisa disewa, “Ki, lo bisa nemenin gw buat nyari orang yang nawarin sewa mobil?” “Oh oke.” Lalu Rifky balik badan ke arah gw yang dari tadi diem karena selama di pesawat gw sama sekali ga tidur, “Nya, gw nyari penyewaan kendaraan ya. Lo disini jangan kemana-kemana.”
Kalau mau kemana-mana juga serem sih sebenernya, wong bahasa Italy gw masih dalam tahapan, “scusa, dove il bagno?” (Misi, kamar mandi dimana ya?). Tapi karena kejadian itu temen-temen banyak yang mikir kalau kita sodaraan. Hahaha.

Misi Rifky ternyata selama di Unical adalah “Membawa Nyanya utuh ke Indonesia, tanpa kurang satupun dan tanpa kelebihan apapun.” Makanya dia makin ngawasin gw, terutama kalau gw lagi tertarik sama cowo. Dia akan nanya (setelah gw cerita ke dia, karena gw selalu cerita apapun ke dia) bobot, bebet, dan bibit si cowo. Dan bahkan pernah ketika gw lagi ancang-ancang pedekate sama satu cowo dari negara lain di bar (di Italy, bar untuk tempat ngopi, bukan minum alkohol) yang juga udah diatur sama temen gw yang lain yang lebih kenal cowo ini, Rifky ikutan nongkrong di bar buat ngawasin gw pedekate. Ohya, dia bukan cuman nongkrong di barnya, tapi duduk di meja yang sama dengan gw, si gebetan, dan temen gw. Dan setelah si proses selesai, dia tiba-tiba ngomong, “kayaknya dia cowo baik-baiknya, Nya. Oke gw setuju.” Laaaah…
Dan pada akhirnya ketika gw pacaran dengan temennya si gebetan gw itu (hahaha!), Rifky selalu was-was nanya tentang progres pacaran kita, yang juga sebenernya ga ngapa-ngapain. “Kemaren ketemuan? Dimana? Ngapain aja? Yaudah, jangan lupa belajar, Nya. Pokoknya IPK harus bagus!”

Rifky ternyata ga cuman ngawasin ‘kisah romantis’ gw selama di Unical, dia selalu ngawasin tingkah laku gw yang kadang suka ‘asal’ didepan dia. Ya maksudnya, di depan dia dan anak-anak Indonesia di Unical gitu yang udah kayak keluarga kita disini, rada males juga gw behave. Dan kalau dia ngeliat gw ga behave, dia akan ngomel, “anak cewe kok gitu duduknya??? Yang bener!” Dan omelan-omelan lainnya yang akhirnya ngebuat gw ngerasa ‘bebas’ ketika akhirnya dia pulang liburan ke Indonesia. Hahaha.
Tapi toh akhirnya ngerasa kehilangan juga ga ada yang ngomelin, ga ada yang ngawasin, dan ga ada yang bisa gw buat was-was.

Sebulan yang lalu ketika orang tua gw ke rumah Rifky untuk ngambil Kartu Keluarga yang ga sengaja gw bawa ke Italy (yang ngebuat satu keluarga panik nyariin di rumah dan begitu Ayah nanya, gw jawab dengan pedenya, “ya ga ada disini, Yah. Ngapain juga Nyanya bawa-bawa KK ke Rende?” “Abis di rumah ga ada.. Coba Nyanya cari dulu kali aja kebawa.” “Ga ada beneran. Yaudah deh Nyanya liat.” Dan gw yang rada manyun karena merasa dituduh langsung buka laci lemari belajar, dan disitulah si KK tergeletak dengan manisnya), Rifky curhat ke orang tua gw.
Dia cerita nyaris semuaaaaa…
“Wah Nyanya kemarin sih pacaran cuman iseng doang Om, Tante. Dia cuman pingin tau gimana rasanya pacaran sama orang yang ngomongnya pake bahasa Inggris.” “Oh, kalo sekarang Nyanya katanya lagi deket sama bla bla bla..” Iyah, semuanya diceritain. Gw sampe panik pas skype-an sama Mama-Ayah dan mereka cekikikan ngasih tau kalo mereka udah tau semua hal dari Rifky. Ahhhhh!!

Dan Mama bilang, “… iya Nya, jadi katanya Rifky, mungkin dia sebenernya ditakdirin ke Italy emang buat ngejagain Nyanya..”
Ahahaha.. Abang Cameh gw itu..

Dia adalah orang yang paling sabar ngajarin gw nyetir, yang sering nungguin gw lembur, yang selalu ngejagain gw dan ngerasa bangga karna bisa ngejagain gw, yang selalu kuat ngadepin dirinya sendiri, yang selalu bisa jawab pertanyaan gw mulai dari pertanyaan abal-abal sampe pertanyaan cerdas, yang selalu bingungan dan lupa, yang kalau masakin 1 porsi buat 1 orang bisa ngabisin waktu sejam, dan selalu bisa buat gw ketawa ngakak.

Can’t wait to meet Abang Cameh again in Rende, the place where our journey was begun dan ga sabar buat mintain stok cemilan dia. Hahahaha.

1 tahun yang lalu:
“Nya, kita tuh partner in crime, kalo gw ada ide gila dan aneh, kita pasti nyambung.”
“Embeer.. dan kita akan mulai our amazing race, Ki, di Italy, bismillah ya semoga semuanya semakin baik.”

Note: Gw kenal dan cukup deket sama tunangannya, jadi tenang aja kita ga ada hubungan romantis kok. Dia Abang gw dan gw Adiknya yang manis 🙂

 

 

 

6 thoughts on “Si Bang Cameh!

Leave a comment