Beasiswa Sekolah Diluar Negeri. Tertarik?

15 Feb 2013

Sejak gw ngelanjutin sekolah di Italy Selatan ini banyak temen-temen gw yang nanya dan penasaran bagaimana caranya gw bisa akhirnya diterima disini. Jadi di postingan ini gw akan compile beberapa pertanyaan yang sering ditanya temen-temen mengenai beasiswa dan gw akan usaha jawab sebisanya.

1. Gimana cara bisa sekolah diluar?

Caranya ada dua: pake beasiswa orang tua atau beasiswa non orang tua. Tapi kalau sekarang kebetulan gw pake beasiswa non orang tua.

2. Cari-cari beasiswanya dimana?

Banyak banget situs beasiswa yang bisa sangat membantu kita untuk mencari lowongan beasiswa. Situs favorit gw adalah: beasiswaindo.com dan edukasi.kompas.com, karena disitus itu dishare informasi mengenai beasiswa khusus untuk pelajar dari Indonesia. Tapi gw juga follow situs-situs lain seperti eastchance.com (yang juga kasih tau info beasiswa dan conference) dan scholarships.com .

Tapi akan lebih baik kalau kamu follow lebih banyak situs pemberi info beasiswa karena semakin banyak lowongan dan pilihan akan lebih baik.

3. Pilihan beasiswanya kebanyakan, gw bingung. Gimana ya?

Menurut gw ada berbagai alesan kenapa kita mau sekolah di luar negeri. Nah tentuin dulu alesan kamu apa. Apakah kamu pinginnya sekolah, misalkan, di Belanda karena disana bahasa inggrisnya bagus dan di Eropa pula jadi bisa jalan-jalan keliling Eropa pakai visa schengen. Nah kalau begitu, kamu bisa fokusin pencarian beasiswa kamu ke beasiswa Belanda aja via: studyinholland.nl , nuffic.nl , nesoindonesia.or.id

Tapi kalau misalkan alesan kamu adalah kampus dengan fakultas ekonomi terbaik kamu bisa googling kampus-kampus dengan peringkat fakultas ekonomi terbaik kemudian kamu cek satu-satu apakah di universitas tersebut membuka lowongan beasiswa atau tidak.

4. Apa aja ya persyaratannya?

Persyaratan untuk apply beasiswa itu beda-beda tergantung institusi pemberi beasiswa itu. Standarnya sih nilai TOEFL atau IELTS, IPK, dan motivation letter. Tapi sebaiknya kamu cek lagi di web pemberi beasiswanya biar lebih jelas.

Oiya, bahasa Inggris adalah bahasa penyelamat kamu dimanapun. Jadi lebih baik kamu latihan bahasa Inggris lebih banyak kalau pingin sekolah diluar.

5. Harus apply universitas sendiri ya setelah kita diterima beasiswa?

Jadi setau gw ada tipe penyelenggara beasiswa yang berasal dari institusi atau lembaga terkait diluar universitas dan ada juga universitas yang langsung memberikan beasiswanya ke mahasiswa. Contoh institusinya itu semacam DAAD atau Nuffic Neso, yang kalau kamu udah berhasil jadi calon penerima beasiswa kamu harus apply ke universitas yang bekerja sama dengan institusi-institusi itu. Setelah kamu berhasil diterima di univ tersebut dan ngedapetin LoA (Letter of Acceptance), baru deh kamu bisa berangkat keluar negeri.

Kalau beasiswa gw ini direct dari kampus. Jadi gw cukup sekali apply ke univ-nya dan begitu diterima dan dapet LoA, gw langsung bisa berangkat ke Italy (setelah dapet visa lah ya pastinya).
Info tentang Univ gw bisa diliat di ppicalabria.wordpress.com

6. Kalau dapet beasiswa, yang di cover apa aja ya?

Ini juga beda-beda, tergantung yang ngasih beasiswa ke kamu. Kalau gw dapet beasiswa langsung dari kampusnya, Universita della Calabria. Dan awalnya gw dapet half scholarship, jadi yang di cover cuman tempat tinggal dan makan selama 2,5 tahun. Tapi setelah diterima jadi mahasiswa gw bisa ajuin beasiswa uang saku yang juga cover tution fee.

7. Biaya hidupnya mahal gak ya diluar negeri?

Tergantung lokasi, kebutuhan, dan gaya hidup kalian. Di Eropa pasti mahal lah ya secara currencynya aja udah tinggi dibanding Rupiah. Tapinya di Italy Selatan kebetulan biaya hidupnya memang cukup murah, kayak misalkan harga tiket busnya lebih murah dibandingkan di Italy Utara atau Belanda dan Jerman. Dan karena gw juga udah dapet beasiswa makan, gw belanja cukup untuk cemilan dan kadang belanja baju pas lagi sale haha. Tiap bulannya gw bisa ngabisin 50 – 100 Euro, tapi itu beda ya sama biaya hidup temen-temen gw yang mungkin punya kebutuhan lainnya.

8. Keunggulan sekolah diluar negeri dibandingin didalam negeri apa emangnya?

Pengalaman.
Dan pengalaman yang akan kamu dapetin selama sekolah diluar akan sangat berbeda dan menantang dibandingkan didalam negeri. Kami disini dichallenge untuk bisa belajar sembari beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang yang bener-bener beragam dan berbeda, dan juga dengan bahasa yang sering buat pegel pas ngomong. Pas dulu gw sekolah di Unpad, gw harus beradaptasi dengan temen-temen dari berbagai daerah yang watak dan tingkah lakunya berbeda. Sekarang di Italy gw harus beradaptasi dengan anak-anak Indonesia yang dateng dari berbagai daerah dan juga dengan mahasiswa lain dari berbagai negara. Selain itu, kami disini juga jadi pengontrol diri sendiri, karena gak ada keluarga yang bisa mengontrol kita dari dekat. Hidup di lingkungan yang super bebas sebenernya kalau gw nakal, bisa aja gw ikut-ikutan bebas kayak temen-temen bule lainnya. Tapi entah kenapa, semakin jauh dari keluarga dan negara sendiri, rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan temen senegara makin besar. Jadilah kami disini saling mengingatkan dan melindungi.

Disini kami juga dipaksa untuk berpikir kreatif untuk memecahkan masalah. Gak ada orang tua yang bisa kita manjain kan untuk minta tolong, jadi harus kita yang bisa mecahin masalah sendiri.

Oiya, keunggulan lainnya pastinya jalan-jalan dong, ketemu orang-orang baru, ngeliat tempat baru, dan kenalan sama budaya baru.

9. Kalau duitnya kurang, bisa part time gak?

Oh bisa dong pastinya. Ini juga serunya sekolah diluar, kami disini mendadak seneng-seneng aja ngelakuin kerjaan ‘kasar’, kayak jadi pencuci piring, baby sitter merangkap asisten rumah tangga, pengumpul buah di kebun, pengambil telur ayam, dan lainnya. Bayarannya juga lumayan, pengalamannya apa lagi.

10. Kalau ada info sekolah diluar kasih tau ya..

In-sha-Allah akan gw share kalau ada info beasiswa. Biasanya via twitter. Tapi karena gw bukanlah pemburu beasiswa lagi, gw gak terlalu fokus ngeliatin beasiswa jadi kamu yang HARUS lebih aktif.

Lowongan beasiswa yang akhir-akhir ini sempet gw temuin:
– Beasiswa Univ of Utrecht -> kom.ps/AD5N4w
– Orange Tulip Scholarship -> kom.ps/AD7QHg

Hokay, selamat berburu beasiswa dan good luck! 🙂

23 thoughts on “Beasiswa Sekolah Diluar Negeri. Tertarik?

  1. Reblogged this on Being Ine and commented:
    Reblog perdana, from one of my fave blog.
    I found it useful, and well written :).
    Oya, selain topik serius ini, boleh juga dibaca cerita mimpi ketemu ahmad dhani.
    I dare you not to love this blog ^_^

      • Iyaa niihh,. Pengen bangeeet 😀
        Kasi juga dunkz tip tuk dapetin beasiswa DAAD nya,. N tips tuk jd DiJe paporit nya sklian yaa,. :p

      • tips biar dapet beasiswa DAAD: banyak berdoa yang khusyuk, jangan lupa bawa istri yang jago masak..

        tips biar jd dj terpaporit ASFEradio: rajin2 aja ngecengin dj lain tiap siaran.. dijamin jadi dj terpaporit (buat dijitakin) 😀

  2. Sedikit tambahan dr gue, soal berburu beasiswa ke luar negeri. Baca buku ‘STUDYING ABROAD’ karangan Windy Ariestanty, Di buku itu lengkap:
    Mulai:

    cara berburu beasiswa.
    Mencari Akomodasi
    Cermat Hitung Living Cots.
    Mengatasi culture Shock
    Cari Kerja sampingan.
    Traveling Hemat.

    Syukur deh, gue di kirimi langsung sama penerbitnya, @GagasMedia.

    • Hahaha. Ayo semangat semangat. Uni di Eropa emang lagi banyak buka lowongan buat mahasiswa internasional tuh 😀

      • Hai Mbak Siska, mungkin bisa. Untuk lowongan beasiswanya silahkan di cek2 di web beasiswa ya. Salah satunya di beasiswaindo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s