Aku au pair, kalau kamu apa?

Banyak temen-temen yang nanya, “au pair apa sih, Nya?” “Au pair tuh jadi pembantu ya??” “Ih, lo jadi TKI ya?”
Maaf, saya super au pair yang elegan dan tetap terlihat cerdas setiap saat.
Jadi ini dia definisi au pair:

Istilah Aupair berasal dari bahasa Prancis au pair yang berarti saling memberi dan menerima.
Program Aupair ditujukan kepada anak muda, baik pria maupun wanita, dari suatu negara tertentu yang ingin tinggal dinegara lain dengan tujuan untuk mempelajari kultur dan budaya dari negara yang dituju dan ingin memperdalam bahasa negara tujuan yang telah dipelajari sebelumnya. Ada batasan usia untuk menjadi seorang Aupair. Hal ini berbeda pada setiap negara. Tempat tinggal peserta aupair adalah dalam suatu keluarga di negara tujuan yang disebut  keluarga tamu selama kurun waktu tertentu. Keluarga tamu juga harus memiliki keinginan untuk mengenal kultur dan budaya dari negara asal Aupair.

Jadi gw di Belanda ini bukan lagi iseng jadi pembantu atau baby sitter ya sodara-sodara.
Karena kalau dibilang sebagai pembantu pun kerjaan gw sangat ringan dan gw cuman ngebantu kerjaan rumah yang ringan-ringan aja.. Ga sampe heboh kayak si bibi nyuci baju pake penggilesan, ngulek bawang, ngejemur baju di atap. Ga. Gw ngebantu light house work (istilah kerennya) semacam: beberes dapur (ngeluarin perkakas dapur dari mesin cuci piring, elap-elap meja dapur, sama kompor), ngevacuum cleaning + ngepel seminggu 2x (ga usah dibayangin gw ngesot-ngesot dilantai sambil elap peluh ya pas ngepel karena rumah Nyonya dan Meneer ini dari kayu dan banyak ditutupin sama karpet, jadinya gw ngepel bagian yang keliatan aja.. hahaha), beresin tempat tidur (kasur bule mah yah selimutnya tebel sama sepreinya kayak nempel gitu di kasur, jadi gw cuman ngebentangin si selimut aja ke tempat yang bener). Udah selese. Paling sejam juga kelar. Sisanya gw ngurus 1 bayi umur 6,5 bulan dan anak kecil umur 5 tahun.
Dan sebagai au pair, ada batasan jam kerja. Buat gw 30 jam per minggu. Lebih dari itu gw dapet uang extra yang lumayanlah bisa dipake buat beli baju di ITC 2 biji.. hahaha.. Gw juga libur setiap sabtu dan minggu, dan pada saat gw libur itu sang anak2 kecil itu dilarang sama orang tuanya klo mau ngegangguin gw. Oiya, gw juga boleh nginep entah dimana asalkan selalu ngabarin sang ortu au pair dan pas lagi weekend.

Gw ngurus 2 anak, berikut profilnya.

Nama: Flip
Umur: 5 taun
Hobi: Gelantungan di badan gw dan joged-joged girang setiap gw nyanyi Twinkle – twinkle little star (klo lagi good mood); dan klo lagi bad mood sukanya nyakar dan jambak.

Nama: Bel
Umur: 6,5 bulan
Hobi: nyengir dan ngunyahin jari tangan, bahu, hidung, dan dagu gw dengan tampang datar.

Tanggung jawab terbesar gw adalah untuk Bel.Gw ngasih dia susu, ganti popok, dan ngajak main. Klo Flip dia sekolah dari jam 9 pagi dan baru pulang jam 4 sore, baru abis itu gw main sama dia sedangkan Bel dijagain sama baby sitter lainnya yang didatengin sama Nyonya dari deket rumah. Intinya untuk memudahkan gw, dia jarang banget ngebiarin gw ngurus 2 anak sekaligus. Karena selain dua-duanya posesif sama gw, biar gw juga bisa lebih tenang ngerawat mereka.

Untuk tempat tinggal, gw dikasih rumah kecil sendiri yang masih satu pager sama rumah utama. Di rumah itu ada tv gede, AC dan heater central, kamar mandi, lemari, leptop dan internet (tapi gw bawa leptop sendiri biar lebih keliatan mahasiswanya hahaha). Dan juga klo gw butuh apa-apa gw tinggal rikues aja ke Nyonya dan Meneer, dan tring! rikuesan gw dipenuhin. Mungkin nanti gw bakal nyoba buat minta dibeliin iPhone Siri, semoga dibeliin juga.

Oiya klo gw salah mereka juga ga marah, cuma kasih tau yang benernya aja, dan selesai. Dan lucunya, mereka penasaran banget sama hal yang gw suka. Kayak waktu itu gw bilang gw suka Chips, akhirnya tiap mereka belanja gw dibeliin Chips. Hahaha. Waktu itu mereka bikin pizza dan enak jadi otomatis gw bilang gw suka pizza (selain gw juga emang pemakan segala yang enak), jadilah gw dibuatin pizza terus buat buka puasa. Dan sekarang mereka tau gw cuman bisa hidup dengan internet, jadilah selama liburan ini (oiya kita lagi liburan di desa terpencil di Prancis) mereka heboooh nyariin internet.. ahahahaha!

Begitulah kehidupan gw sebagai au pair yang hanya 2,5 bulan karena gw harus balik ke Rende buat lanjut kuliah. Tapi menurut gw udah cukup lah ya jadi au pair sekali ini aja. Kalaupun nanti gw harus ngurus anak kecil dan rumah, itu karena gw ngurus keluarga gw yang mungkin akan ada 2 taun lagi. Ahay!

28 thoughts on “Aku au pair, kalau kamu apa?

  1. ihiy takut dibilang pembantu ya nya.. apalah arti sebuah namanya ..dulu juga gue assistant manager, yg arti sebenernya dr assistant itu adalah pembantu… ya sama aja kali yes.. trus abis itu gue jadi aiuta cuoca = assistant chef yang artinya pembantu juga.. sama ajalah.. kecuali kita sdh punya keluarga sendiri dan mempekerjakan orang atau punya perusahaan dan jadi managernya, barulah ga jadi pembantu lagi..tapi eh ya istri juga pembantu suami.. jadi yaaa..buat gue… kembali lagi.. apalah arti sebuah nama sihhh ..

    • Tapi klo orang tua gw baca istilah ‘pembantu’, bisa panik mereka Mamen. Hahahaha.. Ada artinya sebuah nama kalau ini berhubungan dengan persepsi orang tua kita yang nun jauh disana yang selalu khawatir sama keadaan kita. Nb: Orang tua gw baca blog gw :p

      • kalo gue sih ..keluarga gue baca ataupun ga baca akan selalu gue jelasin kok posisi dan keadaannya, adalah utk mengantisipasi high expectation dan juga mencegah mereka terlalu khawatir.. misal: yah kerjaan kasar sih .. alias bantu2 di restoran tapi gaji nya gaji manajer di Indonesia kok ..
        yah coba donk..pembantu restoran mana di Indonesia di bayar 900 Euro atau pembantu rumah tangga mana di Indonesia yang di bayar kisaran 500 Euro ..
        kalo gue sih penjelasan itu penting, dengan begitu famili dan teman2 yang awam bisa juga ikut mengerti. Begitu.
        tapi ya tiap2 orang dan keluarga kan beda approaching nya yaaa ..:)) sekedar masukan aja..

      • oh kalo itu sih udah mamen, tenang aja.. Tapi mereka adalah tipe yang panikan. Dan gw juga menegaskan disini gw bukan maid karena emang antara maid dan au pair beda. Jadi untuk temen-temen lain juga yang nantinya akan au pair dan ternyata mereka dikasih jobdesk macem-macem, mereka bisa lebih waspada apakah ini jadi maid atau au pair. Karena selain dari jobdesk beda, gajinya juga, yang pastinya lebih tinggi maid karena waktu kerja dan jobdesknya lebih tinggi. Btw, iya makasih masukannya 🙂

      • tapi terutama lagi sih, karena gue ga terlalu ambil pusing orang “me- label -in ” gue apa. Selagi kerja halal. Lagian emang anak2 muda di negara2 maju sih biasa bekerja begini demi terlepas ketergantungan finansial dr keluarga, bhkn dr umur yg relatif muda, yang menurut gue jauh lebih baik. Mau dipanggil maid atau au pair atau aiuta cuoca atau bahkan pembantu ya mangga wae lah.. ikhlas lilahi taala *lalu usap muka #eh

  2. Mba, kalo pengen jadi au pair itu kuliahnya harus jurusan bahasa gitu ya? Kalo di Jerman misalnya, berarti kuliahnya harus jurusan bhs Jerman?
    Saya pengen jadi au pair, tp kuliah saya D3 jurusan Manajemen Informatika tuh.. Dan setaun lg insyaallah saya lulus.
    Duh, saya masih belum ngerti persyaratan jadi au pair itu apa aj. Minta penjelasannya ya, Mba 🙂

    • Halo Mega.. klo aku jadi au pair karena iseng isi waktu summer holiday aja.. karena kebetulan waktu itu (tahun 2012) aku masih kuliah di Italy. Setau aku gak ada persyaratan harus jurusan apa klo mau jd au pair. Karena au pair sendiri kan maksudnya jadi kakak angkat di sebuah keluarga asing. Jadi itu bukan kerjaan yang butuh background yang settle. Aku punya kok temen yang udah au pair selama 3 taun di eropa tapi dia masih lulusan SMA. Yang kamu harus siapin klo pengen jadi au pair, kayak: harus suka anak-anak, minimal bisa bahasa inggris biar lancar komunikasinya, harus jeli pas milih keluarga au pair karena gak jarang ada keluarga yg bilangnya butuh au pair tapi ternyata malah ngejadiin kamu kayak pembantu, cari tau lebih banyak mengenai regulasi au pair di negara yang kamu suka, dan pas kamu dapet invitation dari keluarga au pair kamu jangan lupa minta pendapat ke keluargamu..

      Semoga membantu ya..

      • Oh gitu ya. Untuk biayanya sendiri, mahal gak mba? Soalnya saya dr keluarga biasa2 aja. Trus nanti diurusinnya sama agen au-pair nya gitu ya, mba?

      • Harusnya sih dibayarin full untuk semua biayanya.. klo kamu disuruh transfer, coba dicek lagi itu uang untuk apa.. banyak hati2 aja ya..

  3. Wah asik ya pengalaman lo. Temen gue juga pernah kasi tauk soal au pair ini dan dipikiran gue pertama kali juga emang, ‘wah sialan, gue disuruh ngelamar jadi babu, sia-sia gelar sarjana gue’ ha ha ha

    tapi setelah gue visit site-nya ternyata au pair ini bergengsing cin.. haha
    bahkan ada mahasiswa yang gelar master pengen jadi au pair (wah jadi malu gue, yang master aja pengen ngelamar jadi au pair)

    anyway, thanks for sharing ya! inspiratif lho 🙂

    • Hahaha. Tergantung keluarganya juga sih sebenernya. Klo dapet yang baik ya role kita beneran au pair. Klo gak baik ya role kita au pair plus plus. Plus pembantu maksudnya. Btw, thanks for visiting my blog. Nice to know you 😉

  4. Hai Isyana,
    Saya juga lagi proses apply utk Au Pair tahun 2015 nanti. Sekarang lagi nyari2 hostfam. Liat ceritanya kayaknya kamu lucky banget ya dapat hastfam yg nertiin kamu. Terutama bisa terima kamu sbg seorang muslim dan juga berhijab. Aku udah kirim beberpa pesan ke hostfam melalui website Aupair-world.net tapi masih belum menemukan tanggapan positif. Apa itu karena aku berjilbab? Kalo isyana ketemu sama hostfam nya gimana? Agen kah atau juga cari dari website nya Au Pair? Gimana pengalamnya selama disana, apakah ada diskriminasi yang dietrima karena hijab kamu? Tks in advice 🙂

    • Hai Devita, salam kenal 🙂
      Waktu itu saya apply onlinr aja gak pake agency. Karena cuma ngisi waktu liburan summer yg cuma 3 bulan. Saya juga lama kok dapet hostfamnya, ada kali yah 2 bulanan. Webnya juga klo gak salah sama kayak kamu dan di ppnya saya pakai jilbab biar hostfam tau kalau saya muslim.

      Hostfam saya alhamdulillah sangat open minded. Saya tinggal di rumah kecil disamping rumah mereka yg memang biasanya buat au pair sebelumnya. Saya solat disana dan bebas2 aja pakai jilbab. Pas puasa mereka malah yg heboh nyiapin saur (mereka beliin sorenya) dan buka puasa. Segala macam makanan dikasih ke saya biar saya kenyang hahaha.

Leave a comment